Semakin banyaknya pengguna Instagram membuat Instagram harus memakai alogaritma dalam menentukan postingan yang bisa dilihat di beranda Instagram kita. Semakin banyak pengguna Instagram yang berlomba-lomba menampilkan karyanya seperti promosi produk, pamer keahlian atau sekedar ingin menjaga eksistensi.

Bisa dibayangkan berapa foto setiap detiknya yang di unggah secara bersama-sama, kalo Instagram gak pake alogaritma apakah mungkin foto-foto itu bisa dilhat semua? Maka dari itu Instagram menggunakan alogaritma yang bisa berubah menyesuaikan kondisi yang sedang terjadi.

Berikut alogaritma Instagram terbaru yang berhasil dikumpulkan informasinya:

 

Algoritma Instagram terbaruberfokus pada jangkauan atau reach

Postingan yang bagus adalah postingan yang mendapatkan like dan comment dan hal itu menyebabkan postingan kita akan bertahan di tampilan beranda followers kita atau bahkan akun unik yang bukan followers kita. Tapi untuk di tahun ini, like dan comment bukan yang paling menentukan melainkan reach (jangkauan). Semakin tinggi reach maka postingan kita itu baik dan pasti bisa menghasilkan like, comment bahkan bisa menambah followers. Jangkauan atau reach menunjukan berapa banyak akun unik atau yg bukan followers melihat postingan yang sudah kita post.

Nah jadi untuk alogaritma terbaru kita coba mulai focus pada REACH atau Jangkauan postingan dengan cara yang bakal ngiderngiler.com sharing dibawah ini.

Interaksi adalah nomor satu

Tujuan bersosial media adalah berinteraksi satu dengan yang lain. Kalau ingin punya REACH yang tinggi maka wajib banget berinteraksi dengan followers kita minimal dengan yang following kita.

Cara ini dimaksudkan supaya Instagram bisa membaca pola pemikiran kita, jadi yang bakal tampil di beranda kita adalah orang-orang yang punya minat yang sama. Jadi bakalan lebih seru kalo postingan yang muncul di beranda sesuai dengan minat kita. Kita bisa memulai dengan comment atau like postinganyang muncul di beranda kita atau komen.

Atau bisa juga Instagram user membuka pembicaraan melalui postingan yang baru diposting dengan menggunakan semua fitur yang disediakan seperti chat, voicenote atau bahkan bisa menggunakan fitur videocall,

Kita bisa juga mengetahui following kita yang aktif dan tidak aktif. Bisa juga mengetahui following kita yang sering muncul di beranda kita. Caranya buka instagram dan klik following. Cek kategori dimana kita bisa tahu manayang paling sedikit dan jarang untuk berinteraksi dan paling sering ditampilkan di beranda. Kategori ini dihitung oleh Instagram selama 90 hari. Untuk yang jarang berinteraksi, kita bisa kunjungi profilenya dan tunjukkan perhatian kita atas hasil karya di feed mereka dengan like, comment atau DM. Kalau kamu tidak suka dengan following, langsung unfollow aja gak perlu untuk interaksi. Kalo kamu suka, kamu bisa berinteraksi dan kamu bisa lihat beberapa hari kemudian. Jika memang sudah tidak ada interaksi, kamu bisa unfollow. Semain kamu terlibat dengan satu akun, maka semakin banyak Instagram mempelajari pola yang akan ditampilkan di beranda Instagram kita.

 

Pergunakan hashtag atau tagar disetiap postingan Instagram

Menggunakan tagar/hastag pada postingan

Ternyata di tahun ini Hashtag sangat diperhitungkan untuk ditampilkannya di beranda followers kita. Jadi kita bisa menggunakan tagar yang relevan dengan postingannya ya. Dan juga gunakan hashtag yang bertarget supaya postingan bisa dilihat oleh pengguna Instagram yang punya minat yang sama.

Gunakan juga tagar yang tidak terlalu populer berada di tengah-tengah agar postingannya muncul pada pencarian tagar dan tidak tertutup oleh postingan yang sudah populer. Menggunakan tagar pada instagram maksimal 30 tagar. Kita bisa menggunakan 30 tagar di kolom komentar pertama di postingan supaya tidak terlihat spam oleh instagram. Dahulu ada rumor bahwa tagar yang ditulis di kolom komentar tidak berfungsi, ternyata sampai saat ini tidak ada bukti jika tagar ditulis di kolom kementar tidak berfungsi.

Mengumpulkan Instagaram Save/Bookmark

Sejak fitur like untuk sebagian akun disembunyikan, fitur bookmark atau save adalah keterlibatan yang paling tinggi dan membuat jangkauan jadi banyak.

Save atau bookmark adalah konci sebagai penunjuk minat kita terhadap suatau konten.Semakin banyak yang save/bookmark semakin banyak pula konten kamu ditampilkan oleh instagram. Jadi mulai sekarang buat konten itu harus mempertimbangkan yang bisa disimpan oleh followers kamu. Misalkan konten motivasi atau bisa juga informasi yang sangat berharga yang membuat mereka akan kembali lagi ke profil instagram kamu. Ini membuktikan konten kamu berharga dan bisa jadi refrensi. Jadi mulai sekarang buat konten yang bernilai dan ajak followers kamu untuk menyimpan konten kamu ya.

Rajin membuat Instastory

Mulailah atau rajinlan membuat Instastory supaya performa profile akun selalu terdeteksi oleh Instagram. Yang perlu kita tahu bahwa Instastory itu banyak manfaatnya seperti mendapatkan followers baru dan menambah jangkauan postingan. Harus rajin-rajin berkreasi menggunakan fitur Instagram yang satu ini. Bagikan postingan lewat Instastory, gunakan tagar yang sama dengan postingan. Gunakan juga lokasi dan stiker yang membuat view story kamu bisa meningkat dengan pesat. Yang paling penting dari Instastory adalah tampilan yang menarik yang bisa membuat followers betah melihat instastory kita.

Buat story kita menjadi satu-kesatuan atau bisa juga dibuat highlight supaya viewers Instastory juga tidak menurun. Setelah 24 jam coba deh analisa slide per slide, ada yang bisa diangkat lagi gak untuk Instastory selanjutnya.

Engagement Rate mempengaruhi alogaritma Instagram 

konten yang menarik tapi sedikit interaksi

Pernah gak merasa ketika kita sudah membuat konten yang menarik tapi sedikit yang memberikan apreseasi berupa like, comment bahkan save atau share? Inilah alogaritma terbaru Instagram di tahun ini yaitu membuat kita bekerja keras untuk menyajikan konten yang bermutu.Setiap postingan punya engagement rate yang bisa dihitung. Rumus umumnya adalah ER (like+comment) dibagi followers lalu dikali 100.

Dengan rumus diatas akan didapat presentasi keterlibatan followers, atau bisa juga ER dicek menggunakan web atau aplikasi yang ada.

ER ini bisa menentukan konten kamu berhasil diterima oleh followers kamu atau tidak. Kalau ER kamu tinggi tandanya konten kamu baik dan pertahankan kualitas kontennya. Jika ER kamu rendah coba cari lagi refrensi konten apa yang bisa menjadi hits kamu sehingga konten kamu diterima. Kalau masih bingung mau posting apa? coba carilah postingan dengan jangkaun tertinggi dan ER tertinggi, mungkin itu adalah postingan yang paling diminati oleh followersmu.

Ketepatan waktu posting mempengaruhi Algoritma Instagram Terbaru

Kapan sih waktu terbaik untuk posting konten di Instagram? Jawabannya pasti berbeda-beda, tapi kali ini ngiderngiler.com akan memberikan tipsnya.

  1. Buka Instagram lalu lihat fitur insight – klik audience dan kamu akan menemukan kapan followers kamu aktif/online.
  2. Menggunakan aplikasi dashboard (berbayar)
  3. Melihat jadwal postingan dengan table global best time to post instagram.

 

Eastern Standart Time (America) jadi konversikan ke waktu Jakarta atau daerah tempat kamu tinggal. Untuk jakarta dikonversikan dengan menambah +11 Jam.

table global best times to post instagram waktu EST, konversi ke WIB dengan menambahkan 11 jam

Growth mempengaruhi Algoritma Instagram Terbaru 

Jangan pernah bergantung pada jumlah followers karena followers bisa naik-turun dengan berbagai alasan. Yang paling berharga adalah followers kecil tapi interaksi yang paling berharga. Rajin-rajinlah menganalisa postingan agar postingan bisa dilihat banyak orang oleh orang yang mempunyai minat yang sama.

Cek pertumbuhan followers dengan buka fitur insight – audience – growth. Disana kita bisa melihat berapa yang follow dan unfollow. Mempunyai wawasan ini sangan membantu karena kita bisa merencanakan konten apa yang akan diposting supaya semakin banyak follow daripada unfollow.

Kalau melihat postingan yang bisa menurunkan jumlah followers kemungkinan postingan kamu sudah basi alias ketinggalan dengan followers kamu.

Kesimpulan

Buatlah konten yang menarik dan bisa bermanfaat, bernilai di Instagram. Jadikanlah konten kita diapreseasi oleh followers kamu. Semakin bagus postingan kamu maka semakin sering juga karya kamu ditampilkan oleh Instagram.

Cepat atau lambat followers pun akan meningkat dan kamu bisa menjadikan instagram kamu ladang penghasilan tambahan.

Hobi dan karya diapreseasi oleh orang lain akan lebih menyenangkan, buatlah konten yang menarik sehingga menimbulkan interaksi yang disukai oleh banyak orang.

Jangan lupa cek waktu posting kamu yang menjadi primetime.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Note: NGIDERNGILER.COM memiliki fitur Multi User Generated, setiap artikel merupakan tanggung jawab penulis


 

 

Bagaimana Menurut Kamu?