Roundnet masuk ke Indonesia sejak Maret 2020 dengan kota pertamanya adalah kota Bandung, Jawa Barat dan sampai saat ini olahraga yang sifatnya rekreasi ini terus menjadi VIRAL dan mendapatkan banyak perhatian dari orang-orang berbagai kalangan dan latar belakang mulai dari kota Bandung sendiri sampai kota-kota di luar Bandung.

Kota lain yang mengikuti aktif berolahraga ROUNDNET adalah kota Malang dan selanjutnya diikuti oleh Jakarta dan kota-kota lainnya. Untuk daerah Jakarta Barat telah hadir komunitas olahraga seru yang satu ini tepatnya di Jakarta Barat dengan nama Roundnet Indonesia Chapter Jakarta Barat dengan akun instagram @rouninjakartabarat yang diketuai oleh Beto panggilan akrabnya, seorang guru olahraga di sebuah sekolah yang ingin berkomitmen mempopulerkan Roundnet khususnya di Jakarta Barat.

Coaching Clinic & Experience
CARA BERMAIN ROUNDNET YANG BAIK DAN BENAR

Dengan tetap menjaga protocol kesehatan, acara Jakarta Barat Roundnet Coaching Clinic & Experience yang diadakan gratis ini terbilang sukses karena banyaknya orang yang hadir hingga sekitar 50 orang untuk belajar dan bagaimana merasakan pengalaman olahraga Roundnet.

Apalagi ditambah dengan kehadiran pelopor olahraga Roundnet di Indonesia yang sekaligus pendiri dari Perkumpulan/ Komunitas Olahraga Roundnet Indonesia (disebut: ROUNIN) yaitu Genta Fajar dan team trainer langsung dari Bandung, membuat yang hadir makin antusias karena mereka bisa langsung dapat ilmu dan wawasan dari orang pertama yang paham bagaimana Roundnet dimainkan.

Sedikit informasi dari Genta Fajar sebagai pelopor Roundnet di Indonesia yang dijuluki oleh komunitasnya sebagai Bapak Roundnet Indonesia, bahwa mimpi terbesarnya adalah olahraga ini bisa populer di masyarakat dan bisa menjadi cabang olahraga baru yang dipertandingkan di ajang resmi turnamen seperti Pekan Olahraga Nasional hingga mempunyai atlet Roundnet nasional untuk kejuaraan dunia.

Dan untuk itu Perkumpulan Roundnet Indonesia (@roundnetindonesia) yang di bangun Genta Fajar ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi seluruh komunitas, klub dan para atlet Roundnet di Indonesia untuk menggapai cita-cita mulia tersebut di masa depan.

Bermain Roundnet Yang Benar

Sedikit informasi tentang Roundnet dan cara bermainnya.

  • Roundnet adalah olahraga rekreasi yang berevolusi prestasi asal Amerika sejak 1989 dan baru booming hingga masuk ke berbagai negara mulai medio 2000an.
  • Roundnet sendiri gabungan banyak unsur olahraga lain yang sudah ada, terutamanya yang paling ketal adalah Voli Pantai yang dimodifikasi sedemikian rupa.

Cara Bermain:

  • Roundnet dimainkan oleh 2 team dengan jumlah pemain 2 orang/ team layaknya voli pantai.
  • Dengan mempunyai maksimal 3 sentuhan dalam 1 team lalu bola dipantulkan ke net bundar di bagian bawah dengan tujuan team lawan tidak bisa mengembalikan bola, maka unsur seperti ini sama dengan sifat bermain voli pantai.
  • Team yang mencapai rally point 15 atau 21 menjadi pemenang

Alat Olahraga Roundnet

  • Terdiri dari bola karet ukuran kecil, lingkaran bulat diameter 90 cm, tinggi dari tanah 20cm dan jaring.

Ukuran & Media Lapangan

  • Luas lapangan adalah seluasnya karena tidak ada batasan out/ garis keluar. Idealnya adalah 5 x 5 meter
  • Ada lingkaran batas jarak service untuk sebuah turnamen

ย Usia Pemain

  • Semua Umur
  • Idealnya untuk turnamen minimal 10 tahun keatas

 

Media Informasi Tentang Roundnet Indonesia

  • Instagram @roundnetindonesia
  • Youtube: Roundnet Indonesia
  • Facebook Group: Roundnet Indonesia
  • Tik-Tok: Roundnet Indonesia

 

Terimakasih.

Salam Rounin,

Genta Fajar | @gentafajar

Pelopor Olahraga Roundnet di Indonesia

Pendiri Perkumpulan Roundnet Indonesia

 

 

 


Note: NGIDERNGILER.COM memiliki fitur Multi User Generated, setiap artikel merupakan tanggung jawab penulis


 

 

Bagaimana Menurut Kamu?