Cara Memilih Rumah untuk Traveler Cerdas

Ada pepatah, “Setinggi-tingginya bangau terbang, akhirnya ke pelimbahan (kubang) juga” maksudnya adalah sejauh-jauhnya kamu traveling pasti hal yang dirindukan adalah sebuah tempat yang disebut RUMAH.

Untuk mempunyai sebuah rumah adalah hal yang susah-susah gampang apalagi jika tujuannya adalah untuk jangka panjang (membeli rumah) pasti harus melihat segala aspek untuk bisa memastikan memilih rumah pilihan tersebut.

Pentingkah rumah diasuransikan? Mungkin pertanyaan ini yang sering timbul dalam pikiran kamu mulai dari menyewa rumah sampai membeli rumah. Terutama buat pasangan muda yang masih aktif kesana-kemari, mungkin hal ini sering terpikirkan bukan?

Rumah yang masih dalam masa angsuran KPR, otomatis dilengkapi dengan premi asuransi kebakaran dan asuransi jiwa selama masa angsuran berlangsung, karena ini adalah syarat wajib dari bank pemberi pinjaman.

Bagi pemilik rumah warisan, rumah yang dibeli secara tunai, atau yang telah lunas cicilan dan ingin mengasuransikannya, ada baiknya mengenal lebih jauh jenis-jenis asuransi rumah agar tidak salah pilih.

Resiko-resiko yang timbul jika kita mempunyai rumah antara lain resiko kebakaran, pencurian dengan kekerasan (kebongkaran), kerusuhan dan huru-hara, tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, biaya arsitek/ surveyordan konsultan, bahkan kerusakan akibat tertabrak kendaraan.

Tak hanya itu, jaminan pun dapat diperluas dengan premi tambahan terhadap resiko angin topan atau badai, banjir, kerusakan akibat air dan risiko gempa bumi, tsunami hingga letusan gunung berapi.

Secara umum, berikut adalah beberapa dokumen yang harus dipersiapkan saat mengajukan asuransi rumah:

  • Fotokopi (scan) KTP
  • Fotokopi Sertifikat Tanah
  • Fotokopi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Nah, agar supaya kamu gak menyesal di lain waktu, pertimbangkan secara matang saat menyeleksi program asuransi rumah yang ditawarkan sejumlah perusahaan.

Pertama, ketahui jenis perlindungannya

Cari tahu seperti apa jenis perlindungan dari asuransi tersebut, karena bisa mempengaruhi harga premi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses klaim saat rumah tertimpa musibah

Secara garis besar, ada empat perlindungan yang diberikan oleh perusahaan pemberi asuransi. Meliputi:

  • Perlindungan struktur rumah
  • Perlindungan terhadap harta benda di rumah
  • Tanggung jawab perlindungan
  • Serta tambahan uang kehidupan ketika tidak bisa tinggal di rumah ketika bencana

 

Kedua, tanya syarat konstruksinya

Beberapa perusahaan asuransi ada yang gak berkenan menjamin rumah yang didominasi unsur kayu. Sebabnya, kayu merupakan bahan bangunan yang mudah terbakar.

Syarat konstruksi bangunan rumah yang dianjurkan sebaiknya menggunakan batu bata atau material tahan api lainnya. Oleh karena itu lantai kayu parket juga termasuk pengecualian.

Ketiga, pakai asuransi yang sama

Buat kamu yang sudah memiliki asuransi jiwa atau asuransi mobil dari perusahaan A, maka Anda bisa mengambil asuransi rumah pada perusahaan A juga (apabila ada). Hal ini akan mempermudah proses pengajuan pun akan lebih mudah.

Selain itu, biasanya perusahaan asuransi akan memberikan diskon atau penawaran khusus menarik, kepada konsumen yang menggunakan lebih dari dua program asuransi miliknya.

Keempat, pilih proteksi yang sesuai

Jika anggaran terbatas, pilih proteksi yang sesuai dengan kondisi lingkungan Anda. Jika kawasan Anda bukan di perbukitan atau pegunungan, atau jauh dari pantai, mungkin Anda tak perlu proteksi terhadap tanah longsor atau tsunami.

Masih bingung dengan menentukan asuransi buat rumah baru kamu? Gak usah pusing, karena ada HappyHome meng-cover apa yang disebutkan diatas. Terlebih jika kamu sudah punya asuransi lain di HappyOne.id prosesnya lebih enak karena data kita sudah tercatat di Happyone.id dari Astra ini. Jadi akan mempermudah proses administrasi dan proses klaim jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ke rumah kita.

Gak susah kan memilih asuransi rumah kamu yang membuat urusan kamu Jadi mudah dan yang terutama preminya ga menyulitkan kok. Segera lindungi rumahmu dengan asuransi terbaik HappyHome dari HappyOne.id

 

Cara Memilih Rumah untuk Traveler Cerdas
Klik disini untuk info lebih lanjut

 

 

Bagaimana Menurut Kamu?