Tips Traveling Hemat

Tips Sering Traveling tapi Tetap Hemat

By

Apakah kamu tipikal orang yang sering traveling sampai buku passport cap-nya penuh? Hal tersebut pasti menyenangkan banget, apalagi kalau sering traveling tapi tabungan masa depan tetap banyak.

Tidak semua orang beruntung bisa traveling ke luar negeri, cukup dengan traveling di dalam negeri aja sudah happy.  Traveling ke luar negeri memang cukup menguras tabungan kita karena terkadang kita suka tergoda untuk berbelanja produk-produk luar negeri yang terkadang hanya demi gengsi semata.

Sering traveling adalah hal yang baik, karena pikiran jadi lebih fresh tapi kalau pulang traveling tabungan bobol sih traveling bukan jadi hal yang menyegarkan lagi tapi jadi hal yang memusingkan karena harus mengumpulkan pundi-pundi tabungan lagi demi memenuhi  hasrat traveling yang besar.

Ada 8 tips traveling hemat yaitu:

1. Buat perencanaa dengan niat

Buat rencana perjalanan dari jauh-jauh hari. Cari tempat mana yang akan didatangi dan perbekalan yang akan dibawa. Yang terpenting yaitu dengan rencana yang matang maka budgeting tidak akan meleset dan gak boros pengeluaran.

2. Manfaatkan yang ada

Kalau punya kenalan ataupun saudara di tempat tujuan kamu, manfaatkanlah. Daripada harus menginap di hotel, lebih baik menginap di tempat saudara atau kenalan. Lumayan untuk ngirit biaya nginap sama makan. Selain itu kunjungi objek wisata dan cari yang banyak diskon nya.

3. Gak Usah Pake Tour Guide

Jaman milenal adalah jamannya internet, jadi ga usah pake jasa tour guide kalau berkunjung objek wisata. Browsing dan cari tahu lewat Google tentang cerita, sejarah atau spot menari di tempat wisata yang akan dikunjungi.

4. Pilih waktu Low Season

Inilah gunanya merencanakan disetiap musim liburan, karena kita bisa rencanakan kepergian di waktu low season. Kalau kita pergi mas musim liburan, harga tiket dan akomodasi akan lebih mahal daripada biasanya. Selain itu tempat wisata-pun jadi ramai dan tingkat kriminalitas juga tinggi.

5. Menginap di Hostel bukan hotel

Dalam rangka hemat, menginap di hostel akan jauh lebih murah dan seru dibanding menginap di hotel. Sekarang sudah banyak hostel murah dan nyaman bertebaran dimana-mana. Browsing dulu hostel sesuai dengan keinginan. Sekarang hostel punya fasilitas dan hiburan masing-masing.

6. Ga usah beli, pinjam aja

Biasanya kalau mau traveling, kita perlu menyiapkan perlengkapan terutama jika tema perjalannya bersifat berpetualang di alam bebas seperti hiking dan diving. Perlengkapan yang butuhkan gak usah beli, pinjam saja ke kenalan kita atau teman kita seperti tas carrier, tenda, sleeping bag dll.

7. Gunakan transportasi public

Untuk jalan-jalan di kota tujuan wisata, usahakan nasi transportasi public daripada naik taksi yang biayanya jauh lebih mahal.

8. Bawa perbekalan dari rumah

Jangan lupa bawa ransum sebagai bekal selama perjalanan siapa tahu lapar ditengah jalan. Dengan itu bisa mengurangi budget untuk beli makanan. Pilih makanan yang sifatnya tahan lama, seperti mie instan cup, roti, keripik kentang dll.

Kalaupun mau makan, usahakan jangan makan di restoran, coba makan di warung-warung lokal di sekitar destinasi. Selain lebih murah, kita bisa juga mencoba makanan khas setempat.

Tips diatas pasti bikin budget traveling kamu gak membengkak dan lebih irit dan dananya bisa dialokasikan sebagai tabungan masa depan buat pendidikan terutama buat para traveler yang sudah punya anak.

Gak ada salahnya jika budget hasil penghematan kita itu kita alokasikan untuk jaminan pendidikan yang harganya juga gak mahal. Punya jaminan pendidikan di HappyoneEdu bisa membuat kamu happy karena preminya aja dimulai dari harga 399 ribu saja.

Klik disini untuk info lengkap HappyEdu

HappyEdu adalah salah satu produk dari happyone.id yang merupakan asuransi santunan pendidikan yang bisa memberikan perlindungan utama berupa biaya pendidikan untuk anak. JIka terjadi hal yang tidak diinginkan dari orangtua anak tersebut seperti menginggal dunia karena kecelakaan maka tertanggung mendapatkan santunan biaya pendidikan.

Selain menghemat budget traveling, asuransi jaminan pendidikan untuk anak juga harus disiapkan.

Buat para traveler yang belum punya anak, coba cari pasangan dulu dan semoga tips diatas menjadi bahan referensi ketika sudah berkeluarga nanti.

Traveling tetap jalan, tapi tabungan pendidikan anak untuk masa depan tetap terjamin bukan?

Bagaimana Menurut Kamu?

You may also like

Hot News